Tips Memilih Bank untuk Deposito

Tips Memilih Bank untuk Deposito 800 878 Pandu Patria Sjahrir

Deposito

Menaruh uang di Bank memang sudah umum, Hingga saat ini deposito tetap menjadi salah satu produk simpanan yang tetap diminati banyak orang.

Deposito juga merupakan bentuk investasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan orang awam sekalipun. Karena risiko dari investasi deposito sangat kecil sehingga memungkinkan uang Anda untuk berkembang.

tidak hanya demi keamanan dan kemudahan, tetapi juga investasi. Nah, salah satu pilihan favorit milenial masa kini adalah deposito. Salah satu alasan mengapa deposito cukup diminati oleh masyarakat adalah karena suku bunganya lebih besar dibandingkan dengan tabungan pada umumnya.

Tips Memilih Bank untuk Deposito

deposito sangat cocok bagi Anda yang masih awam tentang dunia investasi namun ingin mengembangkan uang Anda. Setiap bank memiliki suku bunga yang berbeda-beda untuk deposito.

Banyaknya bank yang memberikan penawaran menarik akan membuat Anda bingung dalam memilih Bank mana yang paling tepat untuk deposito Anda.

Baca Juga Kenali Kelebihan dan Kekurangan Deposito

Simak beberapa Tips Memilih Bank untuk Deposito yang membantumu dalam menentukan pilihan.

Tips Memilih Bank untuk Deposito

Tips Memilih Bank untuk Deposito

1. Reputasi Bank

Anda harus mengetahui lebih dahulu reputasi atau rekam jejak bank penyedia deposito. Reputasi bank tentu saja memberikan jaminan tersendiri. Semakin sehat bank, semakin aman uang yang kamu simpan di sana.

Hal ini diperlukan untuk menghindari diri Anda dari resiko kebangkrutan Bank. Reputasi baik juga akan memberikan standar pelayanan yang memuaskan para nasabahnya.

2. Waktu Deposito

semakin lama jangka waktu depositonya, semakin besar bunga yang bisa kamu dapatkan. Pilihlah periode deposito yang tepat dan sesuai dengan kondisi perencanaan keuangan Anda. Kalau mau untung, sebaiknya pilih jangka waktu pendek dengan perpanjangan otomatis di bulan berikutnya

3. Bunga Tinggi

Pilihlah bank yang memberikan bunga deposito tertinggi. Sebab semakin tinggi bunga yang diberikan, semakin besar keuntungan yang Anda terima. jangan sampai kamu memilih bunga deposito terlalu tinggi. Pasalnya, jika bank menawarkan bunga deposito terlalu tinggi, bahkan lebih tinggi dari ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), ini patut diwaspadai.

Bank Indonesia mengatur para bank untuk menerapkan kebijakan dengan tidak mengeluarkan suku bunga di bawah atau sama dengan suku bunga LPS. Jadi, kalau ada yang mengeluarkan bunga tinggi, kemungkinan besar bank tersebut tidaklah sehat.

Baca Juga Alasan Memulai Bisnis Properti dimasa Pandemi 

4. Proses Praktis dan Layanan Terluas

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan deposito di suatu bank, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui syarat dari bank tersebut. ketahui dulu apa yang harus dilakukan oleh ahli waris jika Anda tidak bisa mencairkan deposito sendiri.

5.  Persyaratannya Paling Mudah

Ada berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi saat mengajukan deposito. Tiap bank pun memiliki persyaratan yang berbeda. Kamu bisa memilih bank dengan persyaratan termudah. Hal ini bertujuan agar kamu merasa lebih mudah dalam mengurusnya.

6. Biaya Lainnya

Ada beberapa bank mengenakan biaya administrasi per bulan ataupun biaya pinalti bila kamu menarik uang bukan pada waktu jatuh tempo yang telah disepakati.

lebih baik pastikan dulu apakah Bank yang Anda inginkan memiliki biaya-biaya tersebut atau tidak dan juga perhatikan besarnya biaya. Pilihlah yang paling menguntungkan bagi keuangan Anda.

Baca Juga Ide Bisnis modal di Bawah 1 Juta