“Stay hungry,
stay foolish”

Tentang

Pandu Sjahrir

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini, telah menciptakan banyak inovasi yang sangat beragam dan bernilai dalam membangun negeri. Sebagai seorang Investor dan pengusaha yang telah berkecimpung dalam bisnis startup di Indonesia dan Asia Tenggara, saya memiliki ketertarikan yang sangat besar pada minat dan semangat anak-anak bangsa dalam berinovasi terutama di dunia ekonomi digital yang sedang menjadi trend saat ini. Tak bisa dipungkiri, perkembangan ekonomi digital di Indonesia saat ini tak lepas dari peran besar generasi mudanya. Salah satu Inovasi yang mereka ciptakan adalah munculnya banyak startup yang memiliki nilai-nilai kepedulian sosial dalam bentuk pengembangan komunitas di masyarakat.

Selain Startup dan e-commerce yang banyak berdiri, saya juga melihat ada peluang besar yang dapat diciptakan dari dunia UMKM yang selama ini menjadi penopang terbesar perekonomian negara. Khususnya di era pandemi seperti saat ini, beruntunglah perekonomian kita masih terjaga karena sumbangsih 70 persen konsumsi domestik dari aktivitas UMKM. Namun, saya pun tidak bisa menutup mata bahwa ada kalanya para pelaku usaha terutama UMKM, sering mengalami kesulitan atau permasalahan dalam mendapatkan akses permodalan maupun pemasaran. Sehingga dalam perjalanannya banyak pelaku usaha UMKM yang harus merelakan usaha mereka terhenti. Padahal dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, UMKM adalah sektor yang mempunyai peranan penting yang menjangkau luas kegiatan usaha di sektor tradisional maupun modern dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Fakta yang saya temui di lapangan seperti itulah, yang kemudian menjadi tantangan saya sebagai investor untuk mewujudkan bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan sendiri, tetapi juga punya dampak sosial yang nyata bagi masyarakat Indonesia seluruhnya. Untuk itulah saya mendedikasikan ini semua untuk membantu  para pelaku UMKM dan startup lewat kemudahan akses permodalan, pelatihan, bahkan pemasaran yang berorientasi pada dunia digital. Harapan saya sederhana saja, saya ingin dengan masuknya para pelaku UMKM kepada dunia ekonomi digital, kita bisa saling membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sehingga perekonomian Indonesia yang lebih sejahtera, mandiri, dan berdaya saing bisa kita wujudkan bersama-sama.

© 2020 Pandu Sjahrir