Pandu Sjahrir Investor Gojek

Pengertian Tujuan dan Manfaat Merek.

Pengertian Tujuan dan Manfaat Merek. 600 346 Pandu Patria Sjahrir

Pengertian Tujuan dan Manfaat Merek. apakah anda termasuk orang sedang memulai bisnis.? jika ya, apakah anda telah memiliki sebuah Merek untuk setiap produk harus memiliki Merek dagang untuk muda di kenali. Mengetahui Pengertian Tujuan dan Manfaat Merek. amat penting bagi bisnis anda. Hadirnya brand atau merek bisa menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis.

Citra ekonomi sekarang ini, telah brand menjadi aset terpenting yang memukau konsumen dan menentukan sukses atau gagalnya perusahaan. Brand bukan sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda.  Para pemasar mengatakan bahwa pemberian merek adalah seni dan bagian paling penting dalam pemasaran.

pengertian Merek wajib kalian ketahui.

Asal Mula Merek

Brand atau merek sebenarnya telah ada sejak masa yang sangat lama. Bahkan sebagian dari anda mungkin tidak akan menyangka. Brand atau merek berasal dari kata brandr yang artinya ”to burn”.

Pengertian Merek

merek memilki beberapa pengertiaan seperti

1. Menurut American Marketing Association (Kotler, 2000 : 460)

pengertian Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing. Merek sebenarnya merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan keistimewaan, manfaat, dan jasa tertentu kepada pembeli. Merek-merek terbaik memberikan jaminan mutu.

2. Menurut Rangkuti, (2002 : 36 )

“pengertian Merek adalah nama, istilah, simbol atau desain khusus atau beberapa kombinasi unsur-unsur ini yang dirancang untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang ditawarkan penjual”.

3. Menurut UU Merek No.15 Tahun 2001 Pasal 1 Ayat 1:

“pengertian Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki da4. ya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.”

4. Menurut Kartajaya (2010)
pengertian Merek adalah Aset yang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas.

5. Richard Koch (dalam Amin Wijaja 2005:3)

 Merek adalah sebagai sebuah desain visual dan/atau nama yang diberikan kepada suatu produk atau jasa oleh suatu organisasi yang bertujuan untuk membedakan produknya dari produk-produk pesaing dan menjamin konsumen bahwa produk tersebut memiliki kualitas tinggi yang konsisten.

6. Alycia Perry (2003: 2-3)

pengertian Merek merupakan janji atas sebuah kualitas yang membentuk hubungan antara perusahaan dan konsumen.

7. David Friedman (dalam Amin Wijaja 2005:10)

 merek adalah sebuah janji yang menjadikan alasan sebuah perusahaan untuk tetap bertahan dan sesuatu yang dapat perusahaan berikan kepada konsumen.

8. Alice M. Tybout dan Gregory S Carpenter (2001:76-77)

 Merek adalah sebuah nama, simbol atau pekerjaan yang berhubungan dengan produk maupun layanan yang melampirkan makna psikologis kepada pembeli.
Tujuan Merek yang Wajib diketahu.

Tujuan Merek yang Wajib diketahu.

Tujuan Merek

ada beberapa Tujuan Merek

1. Membangun kesadaran merek (Brand Awareness)

Kesadaran merek adalah persentase pelanggan yang mengetahui dan mengingat brand anda. Misalkan pelanggan akan menyebutkan brand anda pada saat mereka menerima pertanyaan tentang kategori produk tertentu seperti kaos.

Tujuan dari kesadaran adalah mendominasi pasar dan mempermudah proses penjualan. Setelah anda membangun kesadaran dalam pasar maka kesadaran tersebut akan menjadi pelindung bagi kelangsungan bisnis anda. Setelah suatu bisnis mampu membangun brand awareness, maka kesadaran tersebutlah yang akan menjadi pelindung bagi keberlangsungan bisnis tersebut. Hal ini disebabkan karena brand anda akan selalu mendapatkan perhatian dari pasar dan juga brand anda akan selalu dipercaya oleh pelanggan.

2. Memberikan Motivasi bagi Pembeli

Merek merupakan alat pemasaran yang sangat efektif dan efisien untuk membangun minat, gengsi, motivasi dan daya tarik pembelian bagi pelanggan. Bahkan mereka akan tetap termotivasi untuk membeli produk anda sekalipun produk anda belum diluncurikan dipasaran. Dengan motivasi pebelian ini maka akan menciptakan loyalitas merek sehingga pelanggan akan setia untuk membeli produk-produk anda.

3. Menciptakan kredibilitas dan kepercayaan

Dalam strategi branding tentu saja harus mengetahui bagaimana untuk merencanakan dan juga mengembangkan kredibilitas dan juga kepercayaan para konsumen terhadap produk. Selain itu brand juga akan mempunyai otoritas yang tinggi, dengan demikian produk akan sulit untuk dikalahkan oleh pesaing di pasar.

Pada dasarnya brand atau merek adalah reputasi yang dihasilkan dari janji yang telah dibuat dan dirawat secara konsisten. Hal ini dapat menciptakan pengakuan dari pasar dan mereka akan mampu mengenali nama merek dan simbol visual seperti logo, warna, kemasan atau produk.

4. Menciptakan koneksi emosional

Ketika konsumen membeli produk atau jasa layanan anda berdasarkan dari perasaan dan hubungan mereka dengan bisnis anda maka anda telah menciptakan koneksi emosional. Menciptakan hubungan emosional merupakan bagian penting dari strategi branding bisnis anda.

5. Membedakan produk anda

Pada saat konsumen telah memahami mengapa produk atau jasa anda berbeda dengan yang lain atau bahkan lebih baik maka mereka akan selalu memiliki alasan untuk membeli produk anda. Hal ini akan membuat bisnis anda pada posisi yang aman karena pelanggan akan selalu memiliki alasan yang jelas untuk membeli produk anda.

 

 

"<yoastmark

Manfaat Merek

Merek Bagi Konsumen Dan Produsen Manfaat Merek yang wajib diketahui.

1. Mendapatkan Produk yang Berkualitas Manfaat merek bagi konsumen adalah mendapatkan produk yang berkualitas. Merek dapat menceritakan sesuatu kepada pembeli tentang suatu mutu produk maupun jasa.

2. Identifikasi: memberikan identitas bagi setiap produk, sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mengidentifikasi produk yang mereka butuhkan.

3. Jaminan : memberikan jaminan terhadap konsumen bahwa mereka akan mendapatkan kualitas yang sama meskipun membeli produk tersebut dalam waktu dan tempat yang berbeda.

4. Menarik Perhatian Pembeli, Merek mampu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka. nama merek yang unik bisa menarik perhatian pembeli. Terlebih produk yang dijual juga memiliki kualitas yang baik.

5. Optimalisasi : memberikan kepastian bahwa konsumen dapat membeli alternatif terbaik dalam kategori produk tertentu serta pilihan terbaik untuk pilihan spesifik.

6. Etis : kepuasan yang berkaitan dengan perilaku bertanggung jawab sebuah merek yang berkaitan dengan masyarakat atau konsumen.

itulah manfaat merek bagi produsen maupun konsumen.

Manfaat Lain dari Merek berdasarkan kelompoknya.

1. Manfaat fungsional

adalah keuntungan yang lebih intrinsik dari konsumsi produk, dan biasanya sesuai dengan atribut produk. Manfaat-manfaat ini terkait dengan motivasi dasar, seperti kesejahteraan dan kesehatan.

2. Manfaat eksperimental

terkait dengan bagaimana rasanya menggunakan produk dan biasanya juga sesuai dengan atribut produk. Manfaat-manfaat ini memenuhi kebutuhan pengalaman seperti kenikmatan indrawi dan stimulasi kognitif.

3. Manfaat simbolik

adalah manfaat konsumsi produk yang lebih ekstrinsik. Mereka biasanya sesuai dengan atribut yang tidak terkait dengan produk dan berhubungan dengan kebutuhan mendasar untuk persetujuan sosial, ekspresi pribadi, dan harga diri.

 

contoh Gambar Merek

pengertian Merek wajib kalian ketahui.

pengertian Merek wajib kalian ketahui.

pengertian Merek wajib kalian ketahui.

pengertian Merek wajib kalian ketahui.

 

 

 

 

 

itulah Pengertian Tujuan dan Manfaat Merek.