pandu-patria-sjahrir

Mengorek Peluang Startup

Mengorek Peluang Startup 700 393 Pandu Patria Sjahrir
di tengah Pandemi Corona

Pandu – Mencari sebuah “talent” pelaku startup yang akan kita bantu, seperti layaknya mencari pasangan hidup. Sebagai seorang investor, kita harus punya pengetahuan dan pemahaman lebih tentang “calon” kita ini. Bagaimana rekam jejaknya, karakternya dan apa bakatnya. Karena ketiga hal ini menurut saya sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha yang dibangun. Dalam menyuntikkan modal ke startup khususnya yang “scope” nya perkembangan teknologi yang menurut saya penuh resiko ini, ada faktor yang membuat saya berani untuk mengambil resiko dan tantangan, yaitu potensi dan pasarnya yang besar di Indonesia.

Teknologi di Indonesia memang masih tertinggal dari negara maju dalam industri digital seperti Amerika Serikat dan China. Namun, Indonesia punya keunikan tersendiri dari segi pasar karena bonus demografinya dan “interest” mereka terhadap perkembangan teknologi serta efisiensi dalam beraktivitas. Saya punya keyakinan bahwa masa depan ekonomi digital di Indonesia sangat menjanjikan dengan pasarnya yang besar ini, khususnya di era pandemi dan transisi ke arah new normal ini dimana segala aktivitas dan “habit” kita berubah dari offline ke online, dari mulai belajar, bekerja, sampai berbelanja. Dan inilah momentum yang tepat bagi perusahaan rintisan yang bergerak di dunia digital untuk merebut peluang emas.

Indonesia punya keunikan tersendiri dari segi pasar karena bonus demografinya dan “interest” mereka terhadap perkembangan teknologi serta efisiensi dalam beraktivitas.