Alasan Mengapa Mesti investasi emas

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Deposito

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Deposito 600 400 Pandu Patria Sjahrir

Deposito

Deposito merupakan satu fasilitas bank berbeda dengan tabungan atau debit yang bisa digunakan banyak orang.Apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan deposito?

Banyak orang yang beranggapan bahwa deposito selalu memberikan keuntungan. Memang nggak ada yang salah dengan pernyataan tersebut.

Dalam menjalankan investasi apapun jenisnya pasti memiliki dua sisi yang positif maupun negatif. pahami dengan baik untung dan rugi menempatkan dana di deposito sebagai penunjang pengelolaan keuangan Anda.

Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan dalam waktu tertentu saja.

sebelum anda memulai Investasi baiknya anda Kenali Kelebihan dan Kekurangan Deposito berikut ini

Baca Juga Ide Bisnis Makanan Sehat dimasa Pandemi

Pengertian Deposito, Keuntungan, Kelemahan, dan Perbedaannya dengan Tabungan

Kelebihan Deposito

Jika ada suatu kekurangan, maka di situ akan ada kelebihan. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Deposito   juga terdapat sejumlah keuntungan, diantaranya:

1. keamanan lebih terjamin

Dengan Anda membuka rekening deposito maka Anda akan myimpan uang Anda di bank.  Deposito membuat kamu merasa lebih aman karena semua uang tersimpan di dalam bank.

deposito jauh lebih terjamin dan dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Berbeda ketika kita menyimpan uang dirumah, karean kita tidak tahu kapan akan terjadi tindak kriminaitas.

2. Resiko yang Rendah

jika anda tidak suka mengambil resiko maka deposit ini adalah pilihan yang tepat, dibandingkan dengan menempatkan uang di pasar saham yang harganya akan terus berubah.

Deposito tidak terpengaruh pergerakan pasar dan sistem pengelolaan yang sudah ditetapkan pihak dan dan tidak berubah sewaktu-waktu. Sehingga kamu lebih aman menyimpan uang di dalam deposito, karena risiko yang rendah dan keuntungan cenderung stabil.

3. bunga besar

mendapatkan bunga yang besar dibanding dengan kita menabung biasa.Pihak bank akan menentukan bunga dari uang kita tergantung lama kita deposit.

 Hasil bungan dari deposito dapat kita cairkan secara tunai dalam jangka waktu tertentu. Selain di cairkan secara tunai bunga bisa di transfer atau disetorkan ke rekening kita

4. investasi yang menguntungkan

karena kita tidak takut mengalami kerugian. Segala kerugian akan di jamin oleh lembaga penjamin simpanan.

Baca Juga 7 Tips Bertahan dimasa Pandemi bagi UMKM.

Ini Dia Kelebihan dan Kelemahan Deposito

Kekurangan Deposito

Jika ada suatu kelebihan , maka di situ akan ada kurangan. Seperti halnya deposito, juga terdapat sejumlah kurangan, diantaranya:

1. Keuntungan kecil

deposito masih memiliki keutungan yang kecil dibanding dengan produk investasi lainnya, karena deposito merupakan investasi risiko rendah, maka hasilnya pun tidak akan seberapa dibanding investasi saham dan juga properti yang bisa hingga dua kali lipat dari dana investasi Anda. Laba yang didapat dari deposito ini kadang tak sebanding dengan uang yang kita depositokan.

2. Terkena Inflasi

di mana nilai uang menurun bahkan rendah. Maka, bunga dari deposito pun sebenarnya untuk menutup nilai kekurangan tersebut.  Nilai mata uang dari hari ke hari terus menurun, di sisi lain  harga barang atau kebutuhan pokok yang semakin mahal.

Sedangkan nilai mata uang justru terus melemah yang akhirnya menyebabkan terjadinya inflasi, di mana nilai uang menurun bahkan rendah.

3. Tidak Terlibat Pengelolaan

kamu berperan sebagai pemilik dana namun nggak terlibat dalam pengelolaan dana tersebut. Bisa jadi keuntungan yang didapat sangat besar dan juga berlimpah.

anda tidak mendapatkan keuntungan secara keseluruhan karena Anda harus membayar pajak dan biaya pengelolaan bank atas deposito Anda.

4. Biaya Penalti

Biaya pinalti ini dikenakan jika kita menarik deposit kita belum tanggal jatuh tempo.

5. Nilai investasi tidak bertambah

hal ini disebabkan karena kita tidak terlibat dalam pengelolaan uangnya. Jadi kita tidak bisa menargetkan adanya tambahan dana untuk investasi selain dari bunga yang diberikan oleh bank.