Persiapan Sebelum  Investasi

Apa sih Investasi Obligasi Itu?

Apa sih Investasi Obligasi Itu? 600 399 Pandu Patria Sjahrir

Apa sih Investasi Obligasi Itu?, sebagai kaum Milineal yang ingin memulai berinvestasi tapi masih ragu, akan memilih berinvestasi atau ingin menginvestasikan Modal.

Ada banyak instrumen investasi yang beredar di pasaran. Masing-masing instrumen punya karakter dan keunggulan. Salah satunya adalah obligasi.

ada beberapa pilihan investasi yang menjanjikan seperti  Obligasi tapi apakah anda sudah tau arti Obligasi alangkah baiknya simak penjelasan berikut ini, agar tidak meraba-raba dan salah dalam menilai.

Pengertian Obligasi

Obligasi adalah surat berharga atau sertifikat yang berisi perjanjian antara perusahaan emiten sebagai peminjam dana dengan investor sebagai pemberi dana. Penerbit obligasi wajib membayarkan bunga secara rutin serta melunasi pokok pinjaman saat jatuh tempo.

Obligasi pada umumnya diterbitkan untuk suatu jangka waktu tetap di atas 10 tahun.Obligasi adalah istilah dalam pasar modal untuk menyebut surat pernyataan utang penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Ringkasnya, penerbit obligasi adalah pihak yang berutang dan pemegang obligasi adalah pihak yang berpiutang.

Apa sih Investasi Obligasi Itu?

Pengertian Obligasi Menurut Para Ahli

Apa sih Investasi Obligasi Itu?, Berikut Ini beberapa Penegrtian yang di kemukakan Para Ahli

1. Menurut Jonathan B. Berk (2007:212)

obligasi merupakan sebuah surat berharga yang diterbitkan (dijual) oleh perusahaan atau juga pemerintah untuk dapat memperoleh dana dari investor dengan pemberian kompensasi berupa bunga yang dibayarkan dengan berdasarkan perjanjian awal.

2. Menurut Eduardus Tandelilin (2010:40)

obligasi ini merupakan suatu sekuritas yang berisi janji untuk dapat memberi pembayaran tetap itu sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

3. Menurut Frank J. Fabozzi

 obligasi ini merupakan jenis hutang atau surat pengakuan utang sebuah perusahaan atau juga pemerintah yang akan dibayar lunas pada saat waktu jatuh tempo sebesar jumlah nominalnya tersebut. Penghasilan yang dapat diperoleh dari sebuah obligasi ini ialah tingkat bunga yang dibayarkan oleh penerbit obligasi.

4. Menurut Yuliana dkk (2011)

obligasi merupakan sebuah surat pengakuan utang yang diterbitkan perusahaan atau juga pemerintah atau juga lembaga yang lain sebagai pihak yang berutang, yang mempunyai nilai nominal tertentu serta kesanggupan untuk dapat membayar bunga secara berkala atas dasar persentase tertentu yang tetap.

5. Menurut Keppres RI No. 775/KMK/001/1982

obligasi ini merupakan jenis efek berupa surat pengakuan utang atas pinjaman uang dari masyarakat didalam bentuk tertentu, untuk jangka waktu sekurang-kurangnya itu ialah 3 tahun dengan menjanjikan imbalan bunga yang jumlah dan juga saat pembayarannya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh emiten.