Pandu Sjahrir Berbicara Mengenai Adopsi Digital pada Masyarakat Indonesia

Peningkatan Adopsi Digital Masyarakat Indonesia

Peningkatan Adopsi Digital Masyarakat Indonesia 2560 1440 Pandu Patria Sjahrir

Pandu -Meski bukan tahun yang mudah, namun 2020 menawarkan kepada kita berbagai kesempatan untuk berubah dan beradaptasi. Pada kesempatan diskusi dengan Bisnis Indonesia, dalam kapasitas sebagai Komisaris Bursa Efek Indonesia, saya sampaikan bahwa pasar modal Indonesia pun juga dalam tahap perubahan.

Bukan hanya peningkatan investor retail yang bertambah dari 1,9 juta menjadi 3,6 juta di masa pandemi, tetapi pendekatan yang dilakukan kepada seluruh stakeholder juga berkembang mengikuti trend digitalisasi yang ada. Begitupun nantinya dengan regulasi ataupun kebijakan yang ada, pasar modal akan selalu melihat pada pertumbuhan market di masa depan.

Saya melihat bahwa hal tersebut juga merupakan bagian dari adopsi teknologi yang semakin cepat terjadi di masyarakat Indonesia. Bisa saya katakan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan adopsi digitalisasi paling cepat di dunia. Seperti yang terjadi pada penetrasi digital payment yang semakin meningkat di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dimana digital payment yang ada telah terintegrasi dengan berbagai layanan, baik layanan pesan antar makanan, pembayaran parkir, transaksi belanja, dan mungkin kedepan kita bisa menemukan pengalaman baru bertransaksi di pasar modal.

Saya percaya masa depan pasar modal Indonesia akan semakin baik karena didukung dengan ekosistem dari masyarakat yang semakin melek investasi dan kemudahan bertransaksi melalui digitalisasi yang semakin dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

“saya sampaikan bahwa pasar modal Indonesia pun juga dalam tahap perubahan”