Peluang Usaha Di Masa New Normal

7 Tips Bertahan dimasa Pandemi bagi UMKM.

7 Tips Bertahan dimasa Pandemi bagi UMKM. 600 396 Pandu Patria Sjahrir

UMKM

7 Tips Bertahan dimasa Pandemi bagi UMKM.. Pandemi COVID-19 membawa dampak sangat besar di berbagai sektor, -termasuk ekonomi, Tantangan perekonomian saat ini sangatlah berat. Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan sangat berhati – hati dengan membatasi bepergian dan konsumsi.

Pada krisis ekonomi tahun 1998 dan 2008, sektor UKM memang jadi penopang ekonomi karena mayoritas belum dapat akses finansial dan permodalan sehingga tidak terdampak krisis. namun Wabah virus corona Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Indonesia terpukul. Banyak pelaku usaha kecil dan menengah ( UMKM) susah payah menghadapi bisnisnya yang terhambat, bahkan mungkin tak mampu bertahan.

lalu apa yang bisa pelaku UMKM lakuka agara dapat bertahan dalam masa pandemi ini

"<yoastmark

Tips Bertahan di masa Pandemi

agar dapat bertahan di masa pandemi anda bisa mencoba 7 Tips Bertahan dimasa Pandemi bagi UMKM. berikut

1. fokus pada kebutuhan konsumen

mengacu pada peraturan pemerintah untuk memberlakukan PSBB membuat Permintaan Masker kain makin meningkat, hal ini lah yang membuat sebagian besar dari brand fashion banting setir untuk menciptakan Produk yang dIinginkan Masyarakat.

selain untuk menjaga kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah, Masker kini telah menjadi salah satu Fashion yang sedang di gemari masyarakat terlebih untuk dipasangkan dengan pakain seragam, dll. Membuat inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi untuk bertahan di tengah pandemi.

2. Manfaatkan Media Daring

Di tengah himbauan menjaga social distancing, media sosial salah satu cara dalam mempromosikan produk atau usaha yang kamu miliki. membuat iklan berbayar di Facebook atau Instagram. saling bantu usaha satu sama lain, minta bantuan teman untuk promosikan usaha.

3. Kualitas Produk

manfaatkan momen dengan membuat paket ekonomis agar produk bisa bertahan. dengan senantiasa mengecek dan menghitung persediaan barang, mengetahui harga jual beli rata-rata, dan menginformasikan ketersediaan stok.

4.  Jaga Hubungan Baik

Pemilik bisnis dan merek perlu untuk tetap terhubung dengan pelanggan diluar transaksi yang dilakukan, apalagi ditengah physical distancing sekarang ini. Menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini.

5. Teknik Story Telling

melakukan komunikasi yang baik dengan memberikan informasi dan mendidik konsumen tentang langkah untuk memastikan bahwa jasa dan produk tersebut aman

6. Menjaga cashflow

 Arus kas menjadi unsur paling penting dalam bisnis sehingga pemilik usaha harus mampu mengelola uang tunai secara optimal. Saat ini, pemilik usaha ada yang menjadi terhambat dalam melakukan penagihan dan pembayaran kepada mitra karena biasa dilakukan manual tatap muka.

7. Monitor transaksi bisnis

Lakukan transaksi perbankan secara online di rumah. Anda tidak perlu repot untuk keluar rumah cukup menggunakan fitur Cash Link. anda dapat melihat semua arus kas, perubahan saldo yang belum di catat Bank.

Baca Juga : Bisnis UMKM yang Menjanjikan wajib kalian coba.